Khidmat Malam Tasyakuran PCNU Kota Depok Peringati Hari Santri Nasional 2024

Depok, 21 Oktober 2024 – Ribuan santri dan warga Nahdlatul Ulama (NU) membanjiri perhelatan Malam Tasyakuran Hari Santri Nasional yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok di Pesantren Al-Karimiyah, Sawangan, Kota Depok, Senin (21/10/2024). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Kota Depok yang diselenggarakan oleh PCNU Kota Depok

Malam tasyakuran berlangsung dengan penuh khidmat dan semarak, dihadiri oleh tokoh-tokoh penting NU, di antaranya KH. Damanhuri, Rois Syuriah PCNU Kota Depok, dan KH. Achmad Solechan, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Depok dan juga tokoh-tokoh penting mulai dari perwakilan Banom, Lembaga, dan Ranting. Kehadiran mereka menambah kekhidmatan suasana, di mana santriwan-santriwati serta masyarakat NU bersama-sama mengikuti rangkaian acara dengan penuh rasa syukur.

Acara diawali dengan pembacaan maulid Nabi, dilanjutkan dengan menyanyikan mars Syubbanul Wathan dan Indonesia Raya. Selanjutnya, santriwan-santriwati Pesantren Al-Karimiyah menyanyikan Mars Hari Santri dengan penuh semangat, dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nariyah dan istighosah. Ratusan santri yang hadir turut meramaikan dan memadati halaman Pesantren Al-Karimiyah, menciptakan suasana kebersamaan yang penuh doa.

Salah satu pengisi acara berdoa, “Kita mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, mudah-mudahan kita semua, ditambah keberkahan hidup kita dengan wasilah Nahdlatul Ulama.” Doa ini menjadi pengingat bagi semua peserta untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

Selain acara tasyakuran ini, PCNU Kota Depok juga telah menyusun berbagai rangkaian kegiatan lainnya. Puncak peringatan Hari Santri Nasional akan digelar pada 22 Oktober 2024 dengan Apel Akbar Santri di Lapangan Pemuda, Limo. PCNU Kota Depok juga telah melaksanakan ziarah muassis, atau ziarah ke makam para tokoh NU yang telah berpulang ke rahmatullah, yang sudah dimulai sejak tanggal 9 Oktober hingga 23 Oktober 2024. Ada sedikitnya 9 lokasi yang dikunjungi dalam ziarah ini, di antaranya adalah Makam KH. A. Sjaichu, KH. Zainuddin Maksum Ali, KH. Mahfudz Anwar, KH. Hasyim Muzadi, KH. Ahmad Ridwan, KH. Jundan Suwarman, KH. Maesar Yunus, KH. Abdul Rozak, dan KH. Burhanudin Marzuki.

Baca juga  Pengurus Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) PCNU Kota Depok Bahas Kegiatan Latihan Penulisan di Lingkungan NU

Selain itu, kegiatan puncak lainnya akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2024 di Hall Tribune Al Azhari, Grogol, Limo. Kegiatan ini akan berlangsung sejak pagi hingga malam hari, dengan berbagai acara seperti bazar UMKM Depok, Apel Akbar NU Depok yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus sejumlah lembaga pada pukul 15.30-18.00 WIB, dan ditutup dengan Pentas Budaya Santri dari pukul 19.00-23.00 WIB. Pentas budaya ini akan menampilkan Zastrouw Al Ngatawi dan Ki Ageng Ganjur.

Dengan rangkaian kegiatan yang penuh makna ini, PCNU Kota Depok kembali menegaskan perannya sebagai garda terdepan dalam merawat tradisi keagamaan dan nasionalisme, serta mempersatukan umat melalui kegiatan yang sarat akan nilai spiritual dan budaya. Hari Santri Nasional 2024 di Kota Depok tak hanya menjadi peringatan, tetapi juga momentum refleksi dan kebersamaan bagi seluruh santri dan masyarakat NU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *