Kiai Alech Wacanakan Program Kedaulatan Ekonomi Umat dan Penghijauan Depok Lewat Tanaman Anggur

Depok, 16 Oktober 2024 – Ketua PCNU Kota Depok, KH Achmad Solechan M.S.i (Kiai Alech) bersama Wakil Ketua PCNU Bidang Perekonomian, H. Acep Azhari, melakukan kunjungan ke Taman Anggur Kota yang dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PCNU Depok. Program ini dikelola langsung oleh Ketua LPP PCNU Kota Depok, Abdul, dan ditinjau pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Kunjungan tersebut menjadi bagian dari upaya PCNU Kota Depok dalam menjalankan salah satu dari tujuh program prioritas mereka untuk periode 2024-2029, yaitu program penghijauan kota Depok, dengan mengusung konsep “Menghijaukan Bumi Depok”. Kiai Alech berharap, taman anggur ini dapat menjadi model yang bisa direplikasi di setiap MWC NU, ranting NU, dan pesantren di seluruh Kota Depok.

“Ke depannya, program menanam anggur bisa menjadi salah satu opsi dalam mewujudkan kedaulatan ekonomi umat dan juga mendukung program pemerintah untuk ketahanan pangan,” ungkap Kiai Alech dalam kunjungannya.

Tanaman anggur sendiri dinilai sangat cocok untuk diterapkan di daerah urban seperti Depok, karena tidak memerlukan lahan yang luas. H. Acep Azhari menekankan bahwa menanam anggur adalah solusi praktis yang dapat memberikan keuntungan besar bagi masyarakat. “Harga 1 kilo anggur bisa mencapai Rp150,000. Bayangkan jika setiap warga NU menanam anggur dan panen 100 kilo, mereka bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp15,000,000,” jelas H. Acep.

Menurut Kiai Solechan, program ini selaras dengan visi besar PCNU Depok dalam memajukan perekonomian umat melalui sektor pertanian urban yang berkelanjutan. “Menanam anggur bukan hanya mendukung kedaulatan ekonomi umat, tetapi juga memperkuat program penghijauan Kota Depok,” katanya. Ini sejalan dengan komitmen PCNU Depok dalam menghadirkan program yang menyentuh kebutuhan masyarakat secara langsung, terutama dalam hal ekonomi dan lingkungan.

Baca juga  Hadiah Tiga Guru Ngaji di Lailatul Ijtima MWC NU Cipayung

Dengan melihat potensi besar dari budidaya anggur ini, PCNU Kota Depok berharap seluruh lapisan masyarakat, terutama warga Nahdliyin, dapat berpartisipasi aktif. Program ini tidak hanya diharapkan mampu menyejahterakan ekonomi umat, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat bagi warga Kota Depok.

Penghijauan kota dan kemandirian ekonomi melalui tanaman anggur kini menjadi langkah nyata yang mulai dijalankan oleh PCNU Depok. Dengan sinergi antara perekonomian dan lingkungan, diharapkan Depok menjadi kota yang mandiri secara ekonomi sekaligus lebih hijau dan lestari. Rencananya untuk menginisiasi warga NU Depok untuk tanam Pohon Aanggur , nanti di tanggal 26 Oktober akan diberikan bibitnya dengan harga subsidi lewat subsidi dari bidang Ekonomi PCNU Depok

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *